Makanan Penyebab Batu Empedu

Berikut ini adalah beberapa makanan penyebab batu empedu yang sering dikonsumsi sehari-hari, hindari jika anda ingin terbebas dari penyakit batu empedu.

Makanan Penyebab Batu Empedu

Makanan Penyebab Batu Empedu Yang Sering Dikonsumsi

Batu empedu ( cholelitiasis ) adalah kondisi dimana terjadinya pengerasan cairan empedu yang berfungsi mencerna lemak dikantung empedu.

Jumlah dan ukuran bongkahan ciaran empedu yang mengeras bisa bervariasi mulai dari sebesar pasir hingga berukuran besar dan jumlahnya bisa lebih dari satu bahkan mencapai puluhan.

Penyebab utama terjadinya pengerasan cairan empedu adalah karena tingginya kolesterol dalam tubuh.

Sebagian besar penyakit batu empedu ditemukan pada orang dengan usia diatas 40 tahun, dan dibandingkan wanita memiliki 2 kali lipat beresiko terkena penyakit batu empedu serta memiliki berat badan berlebih ( obesitas ).

Bahaya Batu Empedu

Hal perlu diwaspadai dari penyakit batu empedu adalah disampaing dapat menimbulkan rasa sakit yang teramat sangat sehingga akan membuat penderita tersiksa adalah batu empedu bisa menimbulkan komplikasi yang cukup berbahaya.

Bahaya akibat batu empedu yang mungkin saja terjadi adalah :

  • Radang empedu akut yang bisa membuat penderita mengalami nyeri perut bagian atas yang menjalar ke tulang belikat.
  • Peritonitis yakni infeksi pada perut bagian dalam yang mungkin terjadi jika kantung empedu pecah. Kondisi ini harus segera mendapatkan penanganan dokter
  • Pankreatitis Akut yakni kondisi dimana organ pankras mengalami peradangan yang bisa membuta penderita mengalami yri perut bagian tengah hebat, rasa nyeri akan bertambah parah dan menjalar ke punggung setelah makan.
  • Kanker Kantong Empedu, Orang yang menderita penyakit batu empedu memiliki resiko tinggi terkena kanker empedu, akan tetapi kasusnya masih jarang terjadi.

Mengingat penyakit empedu bisa menimbulkan komplikasi yang cukup berbahaya maka jelas harus diatasi dengan serius sehingga hal buruk yang mungkin saja terjadi bisa dihindari.

Kembali ke pembahasan sebelumnya tentang makanan penyebab batu empedu, mengingat salah satu faktor pemicu timbulnya penyakit batu empedu adalah berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari baik sadar atau tudak, sehingga apabila kita ingin terhindari dari penyakit batu empedu kita mesti mengurangi dan kalau bisa mengindarinya.

Utamanya bagi anda yang saat ini terdiaknosa menderita penyakit batu empedu maka makanan tersebut wajib dihindari agar penyakit tidak semakin parah.

Makanan Penyebab Batu Empedu

Berikut ini adalah daftar makanan penyebab batu empedu yang harus dihindari penderita batu empedu dan dikurangi oleh anda yang memiliki resiko terkena penyakit batu empedu, yakni :

1.) Daging

Pada dasarnya konsumsi daging perlu guna memenuhi kebutuhan protein kita akan tetapi konsumsi daging secara terus menerus utamanya bagian yang berlemak dapat memicu timbulnya beragam penyakit salah satunya adalah batu empedu.

2). Daging Unggas

Ada beberapa jenis daging unggus yang bisa menyebabkan penyakit batu empedu yakni daging bebek dan buruh puyuh. Keduanya memiliki kandungan kolesterol yang sangat tinggi sehingga jika dikonsumsi secara rutin sangat tidak baik salah satunya bisa menyebabkan timbulnya batu empedu.

Bagin kulit dan telur dari kedua unggas tersebut adalah bagian yang paling banyak mengandung kolesterol, sehingga kita perlu membatasi konsumsi bagian tersebut.

3.) Gorengan

Bagi anda yang suka mengkonsumsi gorengan maka mulai dari sekarang anda wajib menguranginya karena semua gorengan mengandung lemak jenis yang didapat dari proses pengolahannya.

4.) Makanan Olahan

Saat ini banyak sekali makanan olahan berbahan pengawet sehingga bisa disimpan dalam jangka yang cukup lama seperti : sosis, bakso, nuget, kentang, otak-otak dll.

Jenis makanan ini memang praktis dan lezat sehingga banyak disukai orang, namun dibalik itu semua makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan karena mengandung lemak jenuh serta bahan kimia yang justru berbahaya salah satunya adalah bisa menyebabkan cairan empedu mengeras.

5.) Susu dan Olahannya

Susu memang diperlukan oleh tubuh guna menambah kebutuhan kalsium bagi tubuh, namun susu yang diolah sedemikian rupa seperti keju dan eskrim dianjurkan untuk dihindari mengapa ? karena makanan tersebut mengandung lemak hewani tinggi yang dapat memperparah penyakit batu empedu serta memicu terbentuknya batu didalam empedu.

6.) Makanan Mengandung Oksalat

Selanjutnya makanan penyebab batu empedu adalam semua makanan yang mengandung oksalat seperti : teh, cokelat, gandung dan buah strawberry.

7.) Makanan Mengandung Kalsium Tinggi

Bagi penderita batu empedu konsumsi makanan dengan kalsium tinggi tidaklah bagus karena makanan tersebut bisa memicu tingginya kalsium dalam tubuh mengingat tubuh hanya akan menyerap kalsium sesuai dengan kadar yang dibutuhkan, selebihnya kalsium yang tersisa akan dibuang melalui ginjal bersama urin.

Bayam merupakan salah satu makanan yang mengandung kalsium tinggi.

Itulah beberapa makanan penyebab batu empedu yang biasa kita konsumsi sehari-hari, jika anda ingin terhindar dari penyakit batu empedu maka mari mulai dari sekarang kita kurang beberapa makanan tersebut yakni konsumsi secukupnya saja.

Demikianlah informasi tentang makanan yang menyebabkan batu empedu ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel singkat ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *