Gejala Batu Empedu Pada Pria Dan Wanita

Munculnya gejala batu empedu merupalan salah satu tanda bahwa penyakit batu empedu yang diderita sudah parah atau besar mengingat secara umum batu empedu jarang menimbulkan gejala apapun, untuk itu penting bagi kita mengetahui gejala atau tanda batu empedu sehingga jika kita atau orang terdekat kita mengalaminya kita bisa melakukan penanganan dan pengobatan yang cepat dan tepat.

Gejala Batu Empedu

Gejala Batu Empedu Pada Pria Dan Wanita

Batu empedu adalah masa keras seperti batu yang berasal dari kolestertol yang terbentuk di saluran empedu dengan ukuran bervariasi ada hanya hanya sekecil butiran pasir dan ada juga yang sebesar bola pingpong.

Selain itu, jumlah dari batu yang terbentuk juga bisa lebih dari satu bahkan ada yang hingga ribuan butir kecil.

Terbentuknya batu empedu akibat dari adanya ketidakseimbangan antara jumlah kolesterol dengan senyawa kimia yang terdapat didalam cairan empedu sehingga kolesterol akan tertimbun dan lama kelamaan mengeras seperti batu.

Berikut ini adalah faktor yang bisa memicu dan meningkatkan resiko timbulnya batu empedu, yakni :

  • Faktor usia yakni batu empedu lebih sering terjadi pada orang yang berusia diatas 40 tahun
  • Jenis kelamin, wanita lebih beresiko terkena batu empedu
  • Dampak melahirkan
  • Pengaruh berat badan

Secara umum batu empedu tidak menimbulkan gejala atau keluhan apapun, gejala batu empedu baru muncul jika batu menyumbat saluran kantong empedu yakni berupa sakit perut yang terjadi secara tiba-tiba dan terasa sangat menyakitkan atau disebut dengan kolik bilier.

Rasa sakit muncul dibeberapa bagian perut seperti bagian perut tengah, atas, atau kanan perut bahkan rasa sakit juga bisa menyebar ke sisi tubuh atau tulang belikat.

Sakit perut yang terjadi bisa terjadi atau berlangsung selama beberapa menit hingga berjam-jam dan tidak akan berkurang meskipun sudah ke toilet, kentut atau muntah.

Selain sakit perut sebagai gejala batu empedu yang utama,tersumbatnya saluran empedu oleh batu empedu juga bisa menimbulkan berbagai gejala lainnya, yakni :

  1. Demam tinggi.
  2. Sakit kuning
  3. Detak jantung yang cepat.
  4. Gatal-gatal pada kulit.
  5. Diare.
  6. Linglung.
  7. Kehilangan nafsu makan.
  8. Mual dan muntah.
  9. Rasa sakit pada pundak.
  10. Sakit saat bernafas
  11. Diare kronis dan gas berlebihan
  12. Warna tinja dan urin lebih gelap
  13. Sering gemetar
  14. Gangguan pencernaan
  15. Terasa saat kenyang
  16. Kram perut

Segera atasi dan tangani dengan serius ketika beberapa gejala tersebut mulai anda rasakan atau temukan pada orang terdekat anda, hal tersebut menunjukan bahwa penyakit batu empedu yang diderita sudah parah.

Mengingat jika tidak segera ditangani dan diatasi, penyumbatan saluran empedu bisa menimbulkan berbagai komplikasi yakni berupa :

  • Kolesistitis ( radang empedu )
  • Abses ( nanah ) kantong empedu
  • Peritonitis ( peradangan pada lapisan perut )
  • Pankreatitis Akut ( radang prankeas )
  • Kanker Kantong Empedu

Demikianlan informasi tentang gejala batu empedu yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak kami ucapkan sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami dan jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat.

Baca Juga :
Cara Mengobati Batu Empedu Tanpa Operasi

Sumber :
http://www.alodokter.com/batu-empedu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *